Tips Agar Buku Tidak Menguning

🔖📑 Cara-cara ini bisa kamu ikuti untuk mencegah buku kamu dari jahatnya jamur dan kertas yang menguning. Tapi ingat yaa, buku kamu akan tetap menguning seiring berjalannya waktu. Tips ini hanya untuk mencegah dan bukannya tidak akan menguning sama sekali 😇. 

Setidaknya enggak akan terlalu parah 😁

 

 

Sumber Foto : www.solopos.com

Tips-tips yang kukasih hampir semuanya sudah aku ikuti. Paling masih bolong-bolong kalau soal bersihin buku, karena butuh seharian dan buku-bukunya harus diturunin semua dari rak 😂😂😂. Dan sampul buku juga aku belum sepenuhnya nerapin, cuma beberapa buku aja. 

Di kutip dari @vioreadsbooks, berikut adalh tips-tips nya :




1️⃣ Simpan di tempat terbuka

~ Berguna untuk menjaga kelembaban suhu. Salah satu penyebab buku bisa ditumbuhi jamur karena penyimpanan buku yang tidak tepat (udara lembab). Maka dari itu, pastikan sirkulasi udara di rak bukumu baik dan jauhkan dari paparan sinar matahari, ya !

 

2️⃣. Posisikan buku berdiri

~ Posisi buku yang berdiri atau berjejer memungkinkan udara untuk masuk ke sela-sela lewat lembaran buku, sehingga ada ruang bernafas untuk bukumu. Kalau buku di posisikan bertumpuk, takutnya buku menjadi lembab, karena tidak ada celah untuk udara masuk.

 

3️⃣ Bersihkan secara berkala

~ Tips no.3 ini sepertinya yang paling malas untuk dilakukan ya ? ahhaha

Kalau bukumu dirasa sudah berdebu, pastikan untuk segera dibersihkan, agar kualitas kertas lebih awet. Karena debu-debu yang menempel dan mengendap di buku bisa jadi berbahaya !

 

4️⃣. Menyampul Buku

~ Tips no.4 ini juga butuh usaha yang nggak sedikit lho ! Tentunya dengan koleksi buku-buku kita yang banyak. Tapi kalau kamu ingin menyampul buku, pastikan pakai sampul bening / transparan dan jangan terllau sempit atau ketat.

 

5️⃣ Kebiasaan membaca yang baik

~ Hayooo, kalau baca buku tangannya udah bersih belum ? atau ada remah-remah cemilan cepuluh hehe

Tips diatas harus diiringi dengan kebiasaan membaca yang bijak ya. Jangan sampai buku kita kotor dan meninggalkan noda yang bisa mengendap.

 

6️⃣. Gunakan serap air atau kamper

~ Untuk penggunaan serap air atau kamper di rak buku ini sifatnya tidak wajib ya. Karena gunanya untuk menjaga kelembaban suhu & menjegah jamur.

 

 



Post a Comment

0 Comments

Comments