Cari Tahu Tentang "Bakteri E-colli"

 

Sumber gambar : kumparan.com/berita-update/Bakteri E.Coli, Foto: Dok. Among Guru

Escherichia coli atau E. coli adalah bakteri yang biasa hidup di usus manusia dan juga pada hewan, yang fungsi utamnya adalah untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. 

    Namun, ada jenis E. coli tertentu yang dapat menyebabkan infeksi sehingga menimbulkan gejala seperti diare, sakit perut dan juga kram. 

Jenis bakteri E. coli yang berbahaya ini menghasilkan toksin Shiga (STEC). Ini adalah sejenis racun yang dapat menyebabkan penyakit bawaan makanan yang parah.  acun dari bakteri Escherichia coli (E-coli) tersebut dapat menular ke manusia melalui konsumsi makanan yang terkontaminasi. Seperti daging mentah atau setengah mata, susu mentah, dan sayuran mentah yang terkontaminasi. 

Penyebab Infeksi E. coli (Escherichia coli)

Bakteri E. coli ada banyak jenisnya. Kebanyakan tidak berbahaya bagi manusia, tapi ada beberapa jenis yang dapat menyebabkan penyakit usus, di antaranya:

Enterotoksigenik Escherichia coli (ETEC): Biasanya berkembang di masyarakat yang tidak memiliki sanitasi air dan makanan memadai.

Enterohemorrhagic Escherichia coli (EHEC): Bakteri ini yang paling umum menyebabkan penyakit. Biasanya terkontaminasi pada buah, sayuran, daging mentah atau kurang matang, dan daging giling.

Enteropatogen Escherichia coli (EPEC): Bakteri yang menyebabkan diare berair dan dapat menular dari orang ke orang.


BACA SELENGKAPNYA pada website berikut >>> : www.halodoc.com

Post a Comment

0 Comments

Comments