Mengapa Seseorang Melakukan Manipulasi Emosional?

 Mengapa Seseorang Melakukan Manipulasi Emosional?

Itu efek samping dari alter-ego atau jenis kepribadian yang berbeda dari biasanya

pinterest/mind.help

        Dalam psikologi, terdapat beberapa macam persona atau kepribadian yang dapat memunculkan sebuah perbedaan pada kesadaran individu, 

Berikut adalah beberapa contoh persona yang sering dibahas dalam psikologi:

①. Persona Publik

Ini adalah kepribadian yang kita tunjukkan kepada dunia luar atau di depan umum. Persona publik ini sering kali mencerminkan bagaimana kita ingin orang lain melihat dan mengenal kita, misalnya saat seseorang berada di pasar, mall, tempat hiburan, tempat kerja

. Persona Pribadi

Ini adalah kepribadian yang kita tunjukkan kepada orang-orang terdekat kita, seperti keluarga dan teman dekat. Persona pribadi ini bisa lebih jujur dan autentik daripada persona publik.



. Persona Sosial

Ini adalah kepribadian yang kita tunjukkan dalam situasi sosial atau kelompok tertentu. Persona sosial bisa berbeda-beda tergantung pada lingkungan dan orang-orang di sekitar kita, misalnya seseorang melakukan presentasi saat seminar, atau public speaking di acara ultah perusahaan, atau saat jualan produk


BACA JUGA :
Alasan manusia bisa jatuh cinta


. Persona Profesional

Ini adalah kepribadian yang kita tunjukkan di tempat kerja atau dalam konteks profesional. Persona profesional ini sering kali mencerminkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang sesuai dengan pekerjaan atau peran yang kita jalani, misalnya seorang trainer yang memberikan pelatihan khusus untuk meningkatkan kemampuan karyawan,

. Persona Anak kecil

 Ini adalah kepribadian yang muncul dalam pikiran bawah sadar kita. Persona ini mencerminkan keinginan, kecemasan, dan konflik yang mungkin tidak kita tunjukkan secara sadar.

. Persona Arketipal

 Ini adalah kepribadian yang terkait dengan arketipe atau pola pikir kolektif yang ada dalam budaya atau masyarakat. Contohnya adalah arketipe pahlawan, penyihir, klan atau raja.

 

        Setiap individu dapat memiliki kombinasi dari beberapa persona ini, dan persona seseorang dapat berubah tergantung pada konteks dan situasi yang dihadapi. Persona juga dapat berkembang dan berubah seiring dengan perkembangan individu dalam kehidupan mereka.

        Memiliki persona yang berbeda beda tidak selalu memberikan efek samping manipulatif atau penipu kepada kepribadian seseorang, namun itulah kekuatan karakter yang lebih berkelas, sama seperti bunga, walau mereka memiliki bibitnya sama, namun warna bunganya bisa berbeda beda..

        Memiliki banyak Perbedaan warna pada karakter seseorang menunjukkan bahwa wawasan dan kualitas kepribadiannya itu sangat menarik atau layak untuk diuji..


Source by Quora/Fian (冯春德)

 

__Semoga Bermanfaat___






Post a Comment

0 Comments

Comments