Belajar VLOOKUP DASAR bagi Pemula 📈

    Walaupun aplikasi pendukung perusahaan sudah mulai pesat digunakan hampir disemua lini tidak terkecuali, namun pengetahuan dan kemampuan untuk memahami produk Miscrosoft seperti word dan excel masih diperlukan di dunia kerja. 

    Microsoft excel atau lembaran yang digunakan untuk menghitung, mengolah dan memproses berbagai data angka juga tak kalah penting untuk kita pelajari. Buat kamu, artikel ini akan membahas secara dasar bagaimana belajar dan memahami rumus VLOOKUP untuk mengolah data. Kamu juga perlu mempraktekan rumus dalam kasus berikut, supaya lebih paham lagi. Yuk, kita mulai...👉👈

FUNGSI RUMUS VLOOKUP

    • Vlookup dalam Ms.Excel digunakan untuk mencari data di kolom pertama tabel (data) dan mengambil nilai dari referensi sel mana pun di baris yang sama dari tabel data tersebut secara vertikal (V).

Key atau kata kunci yang kita gunakan adalah bentuk yang paling unik dari tabel sebagai acuan yang nantinya akan menentukan data apa yang ingin kita cari.

Misalnya ada data karyawan sebagai berikut :


Kita diharuskan mencari "gapok, tunjangan, & transport" menggunakan rumus "VLOOKUP" berdasarkan TABEL GAJI  di kolom bawah.

pPertama kita tentukan key yang menjadi acuan utama. Dalam kolom di atas kita gunakan "tabel 'GOL' Kolom C, Baris ke-2

Lalu tulis rumus :

 =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

=VLOOKUP(B2,$B$11:$E$13 (semua tabel Gaji diblok),2,0) ---> ENTER

  • Kunci B10:E13 dengan simbol $, dengan menekan "F4".
  • 2 = Tabel gapok di kolom ke-2
  • 0 = rumus penutup agar hasil terdeteksi


Jika sudah, teman-teman bisa double klik pada kolom aktif atau drag ke bawah untuk rumus otomatis di baris bawah dalam 1 kolom. Sehingga hasilnya akan seperti ini :


Lakukan hal serupa dengan memasukan rumus VLOOKUP di tabel Tunjangan & Transport. Teman-teman tinggal mengganti "index_num" sesuai lokasi kolom yang sedang kita cari.

Sehingga di :

  • Kolom Tunjangan rumusnya =VLOOKUP(B2,$B$11:$E$13,3,0) ---> enter
  • Kolom Transport rumusnya =VLOOKUP(B2,$B$11:$E$13,4,0) ---> enter
  • Kolom Total Gaji  =SUM(D2:F2) ---> Enter

Drag dari baris di kolom gapok + tunjangan + transport

Kolom Pajak Gunakan rumus HLOOKUP --- pada dasarnya sama, hanya diganti dengan "H" untuk membaca data "horizontal" pada tabel potongan gaji.

  • Kolom Pajak  =HLOOKUP(B2,$G$10:$I$11,2,0)*D2   ---> Enter 
  • Kolom Gaji Bersih  =G2-H2   ---> Enter 


~~Yuk praktikan dengan soal-soal lain yang lebih komplek~~




Post a Comment

0 Comments

Comments