Keterampilan apa saja yang harus dimiliki di dunia kerja/karir?

 Ada 5 skill yang TERBUKTI mendongkrak karir, mumpung awal tahun 2024, saatnya mulai melatih skill baru buat bekal hidup juga secara umum. 5 skill tersebut adalah resume dari Kak Swastika diantaranya sebagai berikut :

Source Quora by Swastika Nohara

  1. Public speaking dan presentasiSaya dasarnya pemalu, pendiam & introvert. Waktu awal kerja saya malah minder sama suara saya yang berat untuk ukuran perempuan (sering dikira perokok karena suara saya). Lalu saya ngikuti cara bicara penyiar TV, latihan sendiri di depan cermin, termasuk gesturenya. Lama-lama makin pede, sampai akhirnya mampu bicara dalam meeting dengan tenang. Terus saya latih bertahun-tahun, sekarang saya sering jadi pembicara di seminar dan workshop. 
  2. Menulis. Menulis apa saja, intinya bisa mengungkapkan ide dengan jelas dan terstruktur, disertai argumen bila perlu, dan nggak muter-muter. Menulis memakai kalimat sederhana, SPOK-nya jelas sehingga mudah dipahami rekan kerja dan atasan. Ini sangat penting terutama untuk korespondensi via email dan bikin report. Lama-lama tulisan saya laku & mendatangkan uang. Terus saya tekuni hingga kini.
  3. Interaksi dengan orang lain. Kayaknya sepele ya, tapi karena saya introvert, saya dulu secara khusus belajar gimana cara menyapa orang lain duluan tanpa canggung, cara salaman yang baik, mempertahankan eye contact dan agar meninggalkan kesan baik setelah sebuah pertemuan. Setelah saya praktekkan, saya sering diajak meeting oleh atasan dan karir saya meningkat pesat.
  4. Energy & time management. Saat awal ngantor dulu saya mau aja disuruh mengerjakan macam-macam. Sampai jadi sibuk sendiri tapi tidak efisien. Lalu saya belajar atur waktu dan energi, memilih mengerjakan yang prioritas duluan sehingga tugas-tugas selesai tepat waktu dengan hasil baik.
  5. Well groomed. Waktu kuliah saya nggak mikirin penampilan karena nggak penting, yang penting prestasi bagus. Tapi dalam dunia kerja penampilan sangat penting! Baru deh saya belajar memilih baju, sepatu dan asesoris, memilih model rambut yang cocok dan praktis, pokoknya selalu tampil rapi dan profesional tapi tidak berlebihan. Ternyata ini membuat saya makin PD!

BACA JUGA :

Penulis jawaban ini sudah kenyang pengalaman kerja, baik saat masih ngantor maupun setelah freelance dan berhubungan dengan dunia korporasi sebagai klien. Kerjain 5 hal diatas, akan sangat membantu karirmu.

Makan sehat & olahraga juga penting biat tubuh fit dan fokus bekerja.

Post a Comment

0 Comments

Comments