Cara Membangun Habits yang Bikin Kita Semakin Berkembang di 2024

♻♻✅Kebiasaan-kebiasaan kita yang lampau, adalah apa yang hari ini kita petik. Banyak orang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membentuk kebiasaanya itu. Termasuk pengaruh dari pola asuh orang tua, pola pikir, lingkungan dan segala apa yang kita temui dalam kurun waktu kehidupan pula yang menjadikan habits itu lahir dan akhirnya terpati.  

sumber foto : 𝘙𝘩𝘢𝘺𝘺 ౨ৎ


Berikut adalah hal-hal yang bisa menjadikan habits kita meroket ke arah yang lebih positif :

  1. Baca Buku 

   📚 Jika kamu dapat membaca SATU buku dalam seminggu atau bahkan sebulan, kamu akan membaca lebih banyak daripada yang pernah dibaca kebanyakan orang.

  2. Rutin Olahraga  

    🏃 Manfaat fisik dan mental dari olahraga diantaranya :

  • Peningkatan energi
  • Peningkatan kepercayaan diri
  • Penurunan berat badan
  • Peningkatan konsentrasi
  • TIdur lebih nyenyak dan berkualitas

Olahraga tidak melulu soal lari, mengangkat beban atau hal-hal yang menghasilkan keringat. Lebih dari itu, olahraga bisa dimulai dengan senam 5 menit, pemanasan jalan kaki ke pasar misalnya, renang, main badminton dan sebagainya.👌



  3. Minum Air Putih  

    🥛 Yang tidak kalah penting adalah mengkonsumsi air putih setiap hari. Dan ini merupakan habits paling mudah tapi kadang disepelekan oleh banyak orang. Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup, kamu bisa mengoptimalkan kemampuan kongnitif otak untuk berfikir.

  4. Bikin Goals  

    🏆 Goal memberikan kita arah, jadikan tahun 2024 sebagai tahun yang kita inginkan untuk mencapai banyak hal. Biarkan goal itu memotivasi kita untuk menjadi lebih baik setiap hari & bergerak menuju sesuatu yang bermakna daripada terhanyut tanpa tujuan. Kamu bisa mencoba menuliskan goals dalam buku atau selembar kertas. Nantinya jika sudah tercapai, kamu bisa checklist dan itu menjadikan kita semangat lagi mendapatkan keberhasilan yang lain.

sumber foto : La Lavande | Notion Templates 


  5. Menulis  

    🖥 Banyak hal positif yang kita bisa dapatkan dari kegiatan menulis. Dengan menulis, pikiran kita terjaga dari kekacauan dan kita bisa menuangkan hal-hal negatif melalui tulisan. Jujur, saya pernah membaca bahwa menulis adalah salah satu terapi untuk meredakan emosi, mengurangi stress dan kecemasan yang berlebihan. Lebih besar dari itu, menulis menjadikan kita bisa lebih produktif daripada melakukan hal-hal yang tidak ada manfaatnya.



  6. Tidur Berkualitas  

     👘 Ada aturan yang saya pelajari dari dokter Tirta, bahwa tidur yang berkualitas adalah tidur yang satu jam sebelumnya tidak ada distraksi apapun, misalnya bermain HP, menatap layar komputer. Usahakan 1 jam sebelum tidur tidak terkontaminasi radiasi dari cahaya elektronik, bisa diganti dengan kegiatan membaca buku. Pastikan juga jam tidur konsisten agar tubuh tetap terjaga dan fit saat bangun. Rasakan deh perbedaannya. 


  7. Bangun jam 5 pagi  

    ⏰ Nah ini udah banyak banget diingetin sama orang tua. Sebisa mungkin bangun lebih pagi sebelum subuh, karena vibesnya itu beda. Pikiran jadi tenang, badan juga terasa lebih nyaman. Bangun di pagi tanpa ada notifikasi apapun yang menganggu, hanya ada fokus kamu dan dirimu sendiri. Gunakan waktu ini untuk refleksi, atau berolahraga hindari scroll media sosial ya...

Bismillah yuk sama-sama kita memulai hari ini dengan lebih baik daripada hari kemarin. Tidak ada terlambat untuk mencoba. Utamakan kesehatan dan kebahagiaan dirimu sendiri ~~ 👉👈💜   

Info menarik lainnya dapat follow instagram @agusleohalim

Post a Comment

0 Comments

Comments