Cek - 3 Fakta Menarik "Mangrove" yang jarang diketahui orang

id.pinterest.com

🌱 Mangrove, salah satu jenis pohon yang mampu menahan abrasi (air laut). Tapi apa benar hanya itu saja fungsi utama dari pohon mangrove ?

Yuk kita simak bersama, 3 fakta unik dari "mangrove" 


🌿☘️🌿☘️🌿☘️🌿☘️

. Mangrove Tumbuh di 124 Negara 

~ Dikutip dari @lindungihutan, ternyata mangrove tumbuh di 124 negara tropis dan subtropis di dunia dengan tersebar kurang lebih seluas 15,2 juta hektar. Uniknya, Indonesia bersama dengan 4 negara lainnya, yaitu : Australia, Negeria dan Mesksiko mewakili 48% dari luasan hutan mangrove dunia.


. Indonesia Memiliki 25% Luasan Mangrove Dunia 

~ Berdasarkan data one map mangrove, luas ekosistem mangrove di Indonesia mencapai sekitar 3,5 juta hektar yang terdiri dari :

  • 2,2 juta hektar di dalam kawasan
  • 1,3 juta hektar di luar kawasan
Lebih lanjut, kawasan ekosistem mangrove tersebut berada di 257 kabupaten/kota yang saat ini mulai terancam oleh kerusakan yang terjadi.

. Mangrove Sebagai Penyerap Karbon yang Paling Luar Biasa 

~ Dalam hal ini, menurut Daniel Mudiyarso peneliti senior dari Center for International Forestry Research menyampaikan bahwa :

Hutan mangrove Indonesia menyimpan lima kali karbon lebih banyak per hektar jika dibandingkan dengan hutan tropis dataran tinggi.

Lanjutanya, Mangrove Indonesia mampu menyimpan 3,14 miliar metrik ton karbon dengan klasifikasi penyerap karbon sebesar 78% dalam tanah, 20% pada pohon hidup, akar atau biomassa, dan 2% di pohon mati atau tumbang.


Untuk info lebih lengkap boleh kunjungi website lindungihutan.com. Lakukan hal baik dengan aksi lingkungan melalui "Penanaman Mangrove" sekarang juga !!! 👌👌






Post a Comment

0 Comments

Comments