WARNING !!! Kamu harus berhenti "MAIN SOSMED" (untuk sementara waktu)

~ Bermain gadget khususnya saat berselancar di dunia maya, entah itu di instagram, youtube dan medsos lainnya sudah lazim banget saat ini. Pernah gak si kita rasain, 

"gw kok gak sadar udah 2 jam 3 jam scroll IG, yampun waktu gw kebuang percuma.😪😪"

Terkadang, media sosial memang melalaikan dan gak habisnya bikin kita penasaran. Sebenarnya itu adalah aplikasi yang diciptakan dengan kemungkinan baik dan buruk, tergantung kita menyikapinya. 

💦💦

~ Bahkan gw pernah mencoba untuk  menon-aktifkan beberapa media sosial, karena efeknya bagi diri gw sendiri udah terasa dan merugikan. Tapi selang beberapa kemudian, gw balik lagi bermain media sosial, kali ini gw selalu scroll berbagai informasi terupate mengenai mental health, kesehatan, teknologi, parenting dan info penting lainnya. Kini, persepsi kita terhadap media sosial harus kita sendiri yang mengarahkan dan mengendalikan. 

💧💧💜

Sebenernya, gak buka sosmed beberapa jam aja, nggak akan bikin kamu sakit atau meninggal kok. Anak-anak kelahiran 90-an tentu pernah mengalami masa-masa bermain tanpa gadget disekitaran mereka, dan mereka masih bisa tumbuh menjadi orang-orang hebat. Kamu dan kita semua masih bisa menikmati indahnya hidup dengan berbagai cara selain dengan memposting di media sosial.

💭💫💬

Lebih parahnya lagi medsos bisa membuat  mata kita jadi sakit, karena radiasi yang dipantulkan handphone terus menerus apalagi kalau di malam hari dalam keadaan gelap. Selain itu, ada beberapa hal yang menandakan bahwa KAMU HARUS STOP BERMAIN MEDSOS, karena dampaknya udah berlebihan di diri kamu, diantaranya :


1. INSECURE

~ Kadang kita penasaran alias kepo dengan kehidupan teman-teman masa sekolah, atau teman kerja yang di tempat lama. Sebagian dari mereka ada yang sudah :

  • jadi PNS, 
  • berkeluarga, 
  • punya anak-anak yang lucu, 
  • udah pada keliling dunia, 
  • punya barang branded, 
  • bisa lulus beasiswa di Eropa dan lain sebagainya. 

Hal inilah yang kahirnya membuat kamu membandingkan diri sendiri dengan orang lain secara gak langsung otak kamu merespon ketidaksejajaran pencapaian kamu dibandingkan dengan mereka.

 

2. MELALAIKAN

  • Deadline tidak terkejar. 
  • Tugas tidak terselesaikan. 
  • Kewajiban tidak tertunaikan. 
  • Lupa waktu. 

Karena apa? yah karena main sosmed terlalu lama, berjam-jam dan tidak peka terhadap produktivitas diri dalam bekerja maupun beraktivitas.


3. NAMBAH MASALAH

~ Suka bahas masalah di sosmed? 💥💥

Hemm kalau aku menghindari ini sebisa mungkin. Saat ini, banyak para artis yang mengumbar genderang perang dengan sesama artis lewat masalah-masalah yang mereka buat di story atau sosmed bahkan sindir-menyindir sudah tidak asing lagi didunia hiburan tanah air.

Ada sekelompok orang yang buat story, yang sebenernya hanya ditujukan untuk orang tertentu, marah-marah gak jelas, mengeluh berkelanjutan dan lain-lain.

Kalau hidupmu untuk menambah masalah seperti inni, lebih baik kurangi bermain sosmed untuk sementara waktu ya. Be yourself.


4. TERLAU SERING BUKA MEDSOS

~ Padahal nih, kalau kita gak ada apa-apa bawaannya pengin buka media sosial mulu. Tangan berasa gatel kalau gak liat status orang-orang yang nge-follow kita. Heeem, gw tipikal orang yang gak terlalu kepo dengan status orang lain sih. Rutinitas terllau sering buka HP ini bisa kita jumpai misal :

  • Bangun tidur
  • Di sela-sela kesibukan
  • Lagi nunggu kereta
  • Lagi makan di tongkrongan dll

Halloooo....tubuhmu juga perlu istirahat ~~~😕😕😌. Tahu kan kalau HP punya sinar biru yang berbahaya ?

Bahkan gw sendiri pernah sangat membenci HP untuk 2 hari dan membiarkan HP dalam keadaan mode pesawat, saking dampak yang dia rebut dari waktu yg gw punya tersia-sia begitu saja.


5. TAKUT TERTINGGAL

~ Ini nih dampak lainnya, kita jadi takut tertinggal kalau gak update ada berita apa di sosmed hari ini. Takut ketinggalan kalau gak buru-buru online.

Kecemasan seperti ini timbul karena kamu kecanduan dengan gadget. Kamu harus istirahat sementara waktu dari medsos.

Gimana, udah baca beberapa dampak diatas, bisa kan kita menjadi penjaga tubuh kita sendiri. Kalau dirasa dari kalian sudah ada yang merasakan tanda diatas, yuk segera break dari medsos. Biarkan,

  1. matamu istirahat, 
  2. otakmu fresh dan 
  3. hatimu tenang. 

Hanya break sementara aja, gak ada salahnya dicoba. 

Kalau emang ada informasi yang PENTING BANGET, pasti orang yang punya keperluan akan TELEPHONE kamu kok. 

Enggak mungkin kirim DM atau WA. Jadi, yuk sayangi dan cintai diri kamu mulai dari sekarang. Tidak semua hal bisa kita up ke sosmed atau tidak semaunya bisa kita terima begitu saja. Kita punya batasan, kemampuan dan ketenangan sendiri-sendiri.

Dari sumber @pelajar.news, ada beberapa solusi yang bisa mereka kasih nih, diantaranya :

1️⃣. Kurangi jam penggunaan gadget. Pelan-pelan saja. Misal 2 jam sekali baru buka medsos.

2️⃣. Gunakan sosmed untuk hal-hal yang penting, seperti pekerjaan atau info penting lainnya.

3️⃣. Tanamkan mindset bahwa sosmed adalah dunia maya, bukan dunia nyata. Jangan anggap sosmed berlebihan bahkan sampai bikin kamu drop.

_Semoga Bermanfaat_💙💚😇

Post a Comment

0 Comments

Comments