Apa perbedaan "passion" dan "hobi" ?

 

Sumber gambar : www.mqfmnetwork.com

Kebanyakan orang masih bingung dengan passion mereka. Bahkan banyak orang masih menyamakan passion dengan hobi. Kita sering menyangka bahwa kita punya passion, padahal yang dilakukan sebenarnya cuman hobi.

Lalu apa perbedaan passion & hobi ??

Sebelum kita bandingkan passion dan hobi, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa pengertian keduanya.

 

Apa itu passion ?

Kata “passion” berasal dari bahasa latin “passionem” yang berarti =’suffering, enduring’.

Dalam bahasa Indonesia, bisa disebut dengan “Derita, tangguh, tahan terhadap tekanan.

 

💦💦 Makna passion adalah sebuah bidang besar atau aktivitas yang membuat sulit, capek, lelah tetapi kita senang, bergairah, semangat dan ingin memberikan yang terbaik ketika melakukannya.

 

Jadi, passion X bukan sebuah aktivitas

                         X tunggal atau sesifik

 

Lalu, apa itu Hobi ?

Hobi adalah sebuah kegiatan yang kita senangi dan dilakukan secara rutin di waktu senggang dengan tujuan untuk mendapatkan kesenangan atau menghibur diri.

Misalnya hobi :

  • Bermain games
  • menyanyi
  • menulis
  • bermain musik
  • main futsal dan lainnya

 

💧💧Jika pernah gemar melakukan sesuatu, tetapi sudah tidak lagi maka bisa dibilang itu adalah hobi.

 

OK ~~~ 

untuk bisa membedakan Hobi dengan passion, mari kita coba dari sebuah cerita.

 

👉 “Tau Valentino Rossi ? pembalap Internasinal Moto GP yang sering juara dunia. Kalau kita anggap passion Rossi hanya balap motor maka gimana jadinya jika dia pensiun dari motor Gp  ? Apakah dia gak punya passion dan dia gak bergairah lagi hidupnya?

👏 Ternyata kalau kita telusuri, Rossi juga 1)pembalap reli atau balap Mobil dan dia sering juara dunia. Selain itu, dia juga 2)memiliki sekolah Balap yaitu Akademi VR 46 tempat dimana para rider berlatih untuk menjadi seorang pembalap profesional.

 👉 Kalau kita hubungkan ternyata passionnya Rossi bukan dalam satu hal, tetapi dalam bidang yang besar. Jadi ketika Rossi sudah pensiun dari Moto Gp, dia masih ada kemungkinan melanjutkan karir balapan mobil. Kalau balapan mobil sudah tidak sanggup, maka dia masih bisa memantau sekolah Academy-nya.

 

Dari cerita Rossi, kita paham bahwa passion bukanlah aktivitas yang membuat kita gak mau berbuat lebih, tetapi passion adalah satu bidang besar yang membuat kita mau berkontribusi lebih dalam bidang itu.

 

Contoh bidang passion :

  • Pendidikan
  • literasi
  • pengembangan diri
  • Kuliner
  • Kesehata
  • politik
  • Industrial Kreatif
  • Otomotif dan lain-lain

 

Maka terlihat jelas perbedaan hobi dengan passion.

Hobi hanyalah sebuah aktivitas relaksasi untuk mengurangi stress atau mengisi waktu senggang dan kita belum sampai di level cinta. 

 

Sedangkan, 

passion mengarah bagaimana kita menjiwai satu bidang yang membuat kita menikmati apa yang sedang dikerjakan, hingga rela menghabiskan waktu dan tenaga untuk bidang tersebut.

Selain itu, biasanya passion sering menghasilkan berupa uang atau karya, sedangkan hobi tidak.

 

Passion daat dilakukan terus menerus dari dulu hingga saat ini. Bisa saja suatu saat berhenti. tapi ada kecenderungan untuk melakukannya lagi.

 

pertanyaannya, sudahkah kita menemukan passion kita ? 🙌🙌

 

Sekarang jadi lebih tau kan, ternyata terdapat perbedaan antara Hobi dan passion. Nah, dengan mengetahui perbedaan dari kedua hal tersebut, kita jadi lebih punya TUJUAN dan TARGET kedepannya.

 

💢💢 Mengenali passion dalam diri bukanlah hal yang mudah. Kita perlu mencoba berbagai hal terlebih dahulu.

Jika diperhatikan lagi, tentu ada satu kegiatan yang membuat seseorang rela menghabiskan waktu dan memberikan effort lebih.

 

_Semoga Bermanfaat_ 😊😊😊😊

Post a Comment

0 Comments

Comments