5 Cara Belajar yang Benar

~ Hallo semuanya, setelah hiatus 2 minggu-an, I am back. Gw kembali aktif nulis diblog ini.💃💃😁

Oiya, selamat shalat maghrib bagi yang menjalankan ya, karena saat gw nulis artikel ini, pas banget di waktu-waktu antara maghrib dan isya hehe.👋

Btw, kali ini gw mau share ke kalian cara belajar  yang benar dan tentunya hal ini harus disesuaikan dengan lingkungan dan kondisi kalian yaa..


 Berikut adalah 5 Cara Belajar yang Benar :

1️⃣ Mindset yang benar

~ Sebelum kalian belajar, harus ada yang disiapin terlebih dahulu. Bukan soal tools ya, yang dimaksud disini adalah "mindset" kita. Belajar tentunya harus dibarengin dengan niat dan tujuan yang benar serta berdampak banyak bagi lingkungan maupun diri sendiri. Tentunya dampak yang positif ya kawan.

Tanamkan pada mindset kita bahwa belajar itu adalah kewajiban dan akan menjadi menyenangkan kalau kita punya goals (tujuan) yang harus kita achieve. Dari mindset inilah, kita bakalan tau kemana otak dan pikiran kita membawa kita pada tingkat konsentrasi yang baik.

 

2️⃣ Guru yang benar

Selain mindset, kita juga perlu memiliki guru. Tentunya guru yang bisa memberikan jalan lurus, jalan terbaik dan yang bisa dipercaya. Bukannya gak percaya pada semua guru, tapi dijaman sekarang guru adalah orang yang perkataan dan perbuatannya kita tiru. So, cari guru yang sesuai dengan apa yang ingin kamu tuju. Intinya, belajarlah dari orang yang benar-benar mengerti banya hal yang tentunya ingin kamu ketahui.


3️⃣ Waktu yang benar

Waktu yang membuat kita jadi makin produktif, pilih senyaman kalian. Mungkin tiap orang punya waktu produktifnya masing-masing. Misal bisa pagi hari, siang hari, sore atau malam  hari. Pokoknya jadikan belajar sebagai kebiasaan. Karena, dijaman sekarang banyak sekali orang yang berlomba-lomba untuk mengetahui banyak hal dalam bersaing dengan dunia.

 

4️⃣ Gunakan tipe belajar

Auditor : Menyerapm informasi dengan cara mendengar

Visual : Menyerap informasi dengan cara membaca atau menulis

Kinestetik : Senang jika informasi diserap terlebih dahulu

Gw inget banget perkataan guru gw sewaktu SMK. 

"Ketika kamu gak tau soal pertanyaan di lembar LKS, cari dulu info di buku, internet atau sumber lainnya, barulah tanyakan ke guru kalau benar-benar kamu gak nemu jawaban-nya disana. Kenapa guru mengajarkan hal itu, karena untuk membuat kebiasaan anak-anak muridnya memecahkan masalah dengan metode sendiri sebelum dibantu oleh guru. Sehingga sebelum bertanya, dia mempunyai kesempatan untuk memecahkan pertanyaan mereka sendiri. Dan hal ini tentu akan menjadi kemandirian berpikir bagi anak-anak (tidak ketergantungan pada orang lain).


5️⃣ Lingkungan yang benar

Belajar bisa melalui dua cara, secara individual atau berkelompok. Tapi, pastikan kamu harus memilih mana yang paling efektif buat kamu. Ada orang yang cenderung belajar sendiri lebih cepat masuk di otak dan ada juga yang belajar bareng temen jadi lebih mudeng. Atur strategi dan luangkan banyak waktu buat mendengar serta menuliskan rumus yang membuat memori kamu lebih cepat menghafalnya. Karena dengan meresume, kita mendapatkan 3x hafalan saat melihat, menulis dan mendiktekan.


Semoga bermanfaat 👊👊👋

Ditulis oleh : Duajendela.com


Post a Comment

0 Comments

Comments