Rasanya punya saudara perempuan beda 1,5 tahun


Rasanya punya saudara kandung perempuan yang jarak usianya deket itu, “SESUATU” banget. Status Kakak dan adek hanya sebagai silsilah urutan kelahiran anak. Pada kenyataanya, aku dan adikku terlalu dipertemukan dibanyak tempat. Waktu SMK aja, ngekos bareng, sekolah SD-SMK di sekolah yang sama, sekarang di Jakarta pun kos bareng. Jadi, aku kaya di atur supaya jagain adeku dan supaya gak sama orang lain dimanapun dia berada (😍). 

Mungkin karena sejak kecil aku gak rasain jadi kakak yang ngemong adiknya kali yah. 😂😂heheh. But, dari hal ini, aku jadi diri sendiri saat pulang sekolah dan kerja.

Bagiku, dia adalah tanggungjawabku pertama di kota ini. Dia adalah katrol saat masalah dan kebahagiaan silih berganti mempir sebentar. Kalau ditanya seberapa sayang sama adek??

Aku pasti jawab, 

“Seperti pesan Ibu dan Bapak, adekku harus dijaga. Dengan begitu aku telah membuat mereka juga tenang dan bahagia. Pokoknya dia itu cerminan bahagianya orang tua. Gak pernah lewat, tiap telephone Ibu dan Ayah, mereka selalu menanyakan si bungsu ini. Kalau belum pulang, selalu ditanya alasannya. Dan aku harus tau, jangan sampai acuh."

Apalagi pas pulang lewat tengah malam pas dia ngampus, aku auto gak bisa tidur. Mantau chat WA, tlp. Yang kebetulan, hapenya mati, transportasi macet.

Ketika orang tua cemas, aku pun bertanggungjawab untuk semua perasaan itu. Makanya, kalau berantem itu yah sebenernya bumbu biar seru aja gak flat hehehe.

Gebug-gebukan bantal, ampe kapasnya berantakan (waktu kecil), rebutan di suapin Ibu, rebutan ke kamar mandi dan sesekali ngadu pura-pura ke Bapak biar diperhatiin lebih. Itu pernah dilalui semua. Dan sekarang kita udah sama-sama dewasa. Aku gak lagi berebut perhatian, sekarang giliran aku yang menumpahkan perhatian ke adikku ini. Katanya, 

“ Mba nanti kalau mba nikah, aku sendirian donk yah. (sambil mewek gitu). Nanti aku gak ada yang diajak curhat, diajak jalan atau diajak dengerin pas aku ketawa kaya orang gila gegara liat video lucu di youtube.”



Jujur, kalimat yang keluar dari dia (waktu itu), seperti menegaskan bahwa selama ini kita bisa menjadi diri sendiri karena ikatan darah. Bahkan, masak sering gentian, kalau yang satu lagi sakit, satunya lagi nyuapin makan, buatin the anget, cuciin baju. Seperhatian itu yah, tapi anehnya kalau berantem bisa kaya singa wkwkkw. 



Tetep, cuman main olok-olokan. But, akhir-akhir ini udah berkurang kok berantemnya. Aku juga malu sama diri sendiri, yang harusnya udah jadi panutan dia. Kaya pagi ini, aku disiapin bekel buat makan siang di kantor. Seneng kalau dia rela dan ngajuin diri duluan buat masak dan ngrangkap jadi koki sok peduli gitu eh emang peduli sih dia. Terimakasih sudah mengimplementasikan semua harapan mba De. Baik dulu maupun sekarang. Semoga kamu selalu sehat dan sukses yah De

Post a Comment

0 Comments

Comments